TIPS TRAVELING DENGAN BUS AGAR AMAN DAN NYAMAN

Salah Satu Bus Mewah Trayek Medan – Banda Aceh

Akhir tahun adalah jadwal yang ditunggu-tunggu bagi sebagian orang karena biasanya banyak hari libur dan berlibur. Nah bagi Anda yang ingin berlibur, ada baiknya sebelum berlibur Anda menentukan dulu dan membuat perencanaan yang matang agar liburan aman dan nyaman sesuai dengan kondisi keuangan dan transportasi yang tersedia.

Pada postingan sebelumnya saya sudah membahas masalah Tips Cara Aman berkendaraan dengan Motor, maka sesuai dengan judul postingan maka kali ini Tips Otomotif ingin berbagi tips traveling dengan bus agar aman dan nyaman. Sarana tranportasi memang tidak hanya bus, ada beragam pilihan lainnya. Namun bahasan kali ini saya fokus membahas tentang bus dulu.

Nah berikut beberapa tips bagi Anda yang ingin bepergian ke luar kota dengan menggunakan BUS seperti yang saya kutip dari postingan sebuah forum online silahkan disimak :

Perhatikan Rute Bus :

Keamanan adalah faktor yang penting jika Anda ingin menumpang bus, apalagi untuk perjalanan jauh atau lintas malam. Tanyakan pada operator bis soal rute mana yang hendak dilewati. Ada daerah-daerah yang memang terkenal rawan rampok, atau rawan kecelakaan. Sebisa mungkin hindari rute tersebut.

Pilih Bus Apa?:

Mengambil opsi traveling dengan bus malam memang berarti memangkas biaya. Tetapi, pikir lagi apakah Anda mesti membeli tiket bus – yang memang sudah terbilang – murah atau yang termurah. Lihat kondisi bus dan perhatikan.

Duduk di mana?:

Beberapa orang lebih memilih duduk dekat jendela, karena memudahkannya untuk tidur dan menyusun posisi bantal yang enak. Tetapi, beberapa yang lain lebih suka di dekat lorong karena itu berarti ruang yang lebih luas dan mudah bergerak ketika hendak ke toilet.

Depan, tengah, atau belakang?:

Semakin ke belakang Anda duduk, semakin berguncang-guncang perjalanan Anda. Semakin ke depan Anda duduk, semakin mungkin Anda melihat hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjalnya tebing di sebelah Anda, atau tajamnya tikungan di depan. Umumnya, tempat duduk di bagian tengah dianggap paling aman dan nyaman saat traveling dengan bus.

Sembunyikan barang berharga di beberapa tempat:

Selain kenyamanan, faktor keamanan juga sangat penting untuk diperhatikan. Sebisa mungkin letakkan tas atau barang berharga Anda dalam jangkauan. Namun, biasanya operator bus tidak mengizinkan tas yang terlalu besar masuk ke kabin. Jadi, pecah barang-barang berharga Anda. Anda tidak tahu kapan pencuri beraksi.

Sediakan Camilan dan minuman:

Demi kenyamanan selama di perjalanan, bawalah minuman dan camilan Anda sendiri. Di daerah asing, kita tidak tahu di mana bus akan berhenti untuk makan. Pun ketika ia berhenti, Anda tidak tahu apakah tempat makan yang dipilihnya sesuai selera Anda.

Jangan lupa dengan hiburan:

Gunakan ear-phone yang kedap suara untuk mencegah suara-suara dari luar yang mengganggu, dan hibur diri Anda dengan lagu-lagu atau film kesukaan.

Tidur nyaman:

Ini terdengar mustahil, tapi beberapa hal bisa dilakukan untuk memaksimalkan kenyamanan di waktu tidur Anda. Cukup membawa Bantal Selimut (Balmut) dalam perjalanan Anda. Istirahat dan waktu tidur Anda jadi lebih nyaman & berkualitas.

Sekian postingan singkat tentang tips traveling dengan bus agar aman dan nyaman, semoga bermanfaat