TIPS & TRICK MERAWAT MOBIL ANTIK

Tips Merawat Mobil Antik

Mobil Antik atau mobil tua merupakan koleksi yang cukup mewah bagi sebahagian kalangan, bahkan tidak jarang harga mobil ini pun kadang tidak masuk akal sangking mahalnya. Nah bagi Anda yang gemar memelihara mobil tua atau klasik, tentu Anda dituntut untuk lebih ekstra telaten, ekstra teliti, dan juga pasti uang yang ekstra banyak. Tak jarang Anda harus merogoh kocek lebih dalam saat harus mengganti sparepart yang mungkin sudah tidak dijual di bengkel-bengkel, atau membayar lebih kepada montir ahli. 

Berikut beberapa tips merawat mobil tua atau antik yang perlu Anda lakukan agar mobil Antik kesayangan Anda tetap layak jalan dan tampilannya tetap seperti yang Anda inginkan seperti yang saya kutip dari postingan salah satu situs, silahkan disimak :

1. Mengecek Kaki – Kaki secara Rutin

Salah satu kenyamanan berkendara adalah kaki-kaki mobil, segeralah mengecek kaki-kaki mobil Anda seperti ball joint, tie rod, bushing arm, suspensi dan karet stabilizer. Ini salah satu cara untuk menghindarkan dari bunyi-bunyi yang tidak di inginkan dari kaki-kaki mobil, karena bisa saja kaki-kaki mobil Anda sudah tidak bagus karena termakan usia.

2. Pilihlah Oli Yang Tepat Untuk Mobil Tua

Untuk memberi perlindungan ekstra serta menjaga komponen mesin yang sudah tua, pemilihan pelumas juga harus jadi perhatian. Menggunakan oli yang salah bisa berakibat fatal. Disarankan kepada pengguna mobil tua untuk memakai oli yang lebih kental, kekentalan tersebut bisa di lihat dari kode oli tersebut. 

3. Periksalah Kabel 

Periksalah kabel-kabel yang sudah mengelupas di mobil Anda, karena bisa mengakibatkan korsleting dan mesin tidak bisa di nyalakan. Bahkan bisa berakibat fatal karena timbul percikan api yang mengakibatkan kebakaran.

4. Lakukan Tune–Up Secara Teratur 

Mesin di mobil tua harus di tune-up secara teratur, karena saat tune-up mobil akan segera di cek dan di bersihkan bagian-bagian yang menghambat bekerjanya komponen mesin serta perapian dalam mesin.

5. Interior dan Eksterior 

Interior dan Eksterior juga salah satu kenyamanan saat berkendara, biar makin pede untuk membawa mobil tua. Perbaiki bagian-bagian body yang mungkin ada baret atau penyok, serta poleslah sehingga mobil makin mengkilat. Beri pengharum mobil sehingga interior mobil wangi serta tidak ada bau yang tidak di inginkan dalam mobil.

Sumber Artikel : mobillaku.com