Trik Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Relay

Lampu sepeda motor sebenarnya sudah standar serta telah diuji serta disetting oleh produsen kendaraan tersebut. Akan tetapi beberapa pengendara masih kurang puas dengan hasilnya, oleh sebab itu sering lampu diutak atik agar lebih terang dari standarnya. Untuk membuat lampu lebih terang salah satu triknya adalah dengan menambah 2 buah relay pada lampu motor tersebut.

Relay memiliki 4 nuah terminal yakni 85,86,87 dan 30, yang didalamnya berisikan contact point dan elektro magnet. Terminal 85 dan 86 terhubung dengan elektro magnet sedangkan terminal 30 dan 87 terhubung dengan contact point. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar relay berikut ini.

Cara kerja relay adalah pada saat sebuah arus mengalir ke 86 dan 85 yang terhubung dengan – atau ground maka akan menimbulkan daya magnet pada elektro magnet. Proses tersebut akan menarik terminal 87(contact point) sehingga menyebabkan terhubungnya terminal 87 dan 30. Jadi sebenarnya fungsi relay adalah sebagai saklar elektromagnetik.

Trik Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Menggunakan Relay

Bagaimana, sudah mengerti kan cara kerja dari sebuah relay, mari kita lanjutkan tentang trik menjadikan lampu motor lebih terang dengan menggunakan relay.

  1. Siapkan terlebih dahulu 2 buah relay (normaly open)
  2. Hubungkan terminal 30 ke positif baterai (bisa diambil dari kabel sebelum saklar utama lampu kepala)
  3. Hubungkan terminal 87 ke terminal lampu utama (jarak dekat)
  4. Hubungkan terminal 85 ke kabel saklar jarak dekat (kabel jarak dekat yang menuju lampu dipotong)
  5. Hubungkan terminal 86 ke negative.
  6. Lakukan langkah diatas pada relay yang kedua untuk lampu jarak jauh.

Jadi intinya arus utama yang akan masuk ke lampu tidak melewati saklar melainkan di jumper dari baterai langsung menuju lampu. Saklar lampu digunakan untuk mengaktifkan elektro magnet pada relay saja. Dengan begitu hambatan rangkaian lampu kepala lebih kecil, sehingga lampu akan terang.

Demikianlah info tentang trik membuat lampu lenih terang dengan penambahan relay, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Simak juga:Cara Mengganti Air Radiator Pada Motor Vixion