Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Oli Mesin Pada Motor

Mengganti oli mesin pada motor memang sangat penting dilakukan. Akan tetapi menggantinya juga memerlukan perhitungan yang tepat agar tidak terlanjur terjadi kerusakan pada komponen motor. Oli mesin juga berpengaruh pada performa motor, yang dimanan saat anda telat menggantinya maka akan terasa tidak nyaman seperti berat untuk berjalan dengan kecepatan penuh.

Mengganti oli mesin pada motor

Kegunaan oli mesin adalah sebagai pelumas dan menjaga komponen-komponen mesin saat terjadi gesekan. Oleh karena itu sangat diperlukan mengganti oli secara rutin agar motor menjadi aman dan nyaman. Lantas kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin agar Mesin motor tetap sehat serta menjaga agar tidak terjadi kerusakan saat terjadi geseken antaro komponen – komponen mesin tersebut?

Waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin motor

Agar mesin lebih awet dan tahan lama sebaiknya penggantian oli berdasarkan jarak tempuh. Meskipun tertera pada petunjuk pemakaian, biasanya 1.500/km-4.000/km. Untuk jarak tempuh pendek yang satu bulan menempuh bisa mencapa 200-500 km, disarankan untuk mengganti oli setiap 1.5 bulan.

Sedangkan jarak menengah di atas 500 km per bulan sebaiknya mengganti oli setiap sebulan sekali. Berbeda juga dengan yang jarak tempuhnya jauh hingga 200 km per hari, sebaiknya ganti oli setiap 2 minggu sekali atau setiap 1200 km (untuk oli dengan jarak tempuh 2000 km).

Gunakan oli yang berkualitas tinggi sesuai dengan spesifikasi mesin motor. Untuk amannya, Anda bisa gunakan oli keluaran dari pabrik motor tersebut.

Demikianlah informasi tentang waktu yang tepat mengganti oli mesin pada motor . semoga bermanfaat dan jangan lupa share this artikel. Terima kasih