Waspada, Nekat Balap Liar Bisa Masuk Bui

Balap Liar merupakan Hobi anak muda jaman sekarang, diwaktu malam mereka memacu motor mereka agar dapat berlari powerfull tanpa hambatan. Akan tetapi kegiatan ini nisa sangat mengganggu pengendara lain yang sedang melintas di jalan tempat balapan liar dilakukan.

Kabar terbaru yang beredar, khususnya wilayah Jakarta. Bahwa pada mulai pertengahan bulan Februari  2016 akan disediakan tempat khusus bagi para pembalap liar tersebut, mereka akan diakomodasi dengan menyediakan tempat yang khusus di masing-masing wilayah Jakarta. Denagn akomodasi diatas, bahwasanya mereka yang melanggar dan masih melakukan kegiatan tersebut di luar sirkuit yang disediakan, maka akan mendapat sangsi yang serius.

Balapan liar

Ancaman Balap Liar

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Risyapudin Nursin menuturkan, pebalap liar yang masih bandel melakukan aksi balapan di jalanan umum akan mendapatkan sanksi tegas. Polisi tetap melakukan razia setiap Sabtu atau Minggu malam.

“Upaya yang kita lakukan sama, yakni melakukan razia di tempat-tempat yang sering dijadikan balapan liar. Sanksinya tetap sama, didenda atau motor bisa disita bahkan dipidanakan,” ungkap Risyapudin di Aula TMC Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (12/1/2016).

BACA JUGA :  3 Nama Motor Unik Di Malaysia dengan Indonesia

Sesuai dengan pasal 297, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor berbalapan di jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 115, akan dipidana dengan sanksi kurungan satu tahun atau denda paling banyak Rp 3.000.000.

“Kita juga akan lihat kelengkapan dari sepeda motor itu sendiri. Kalau tidak sesuai seperti tidak ada lampu dan lain sebagainya bisa kita sita dan jika tidak menggunakan helm didenda Rp 250.000 hingga Rp 500.000,” katanya.

Menurut Risyapudin, para pembalap seharusnya bersukur karena telah disediakan tempat untuk menyalurkan hobi mereka dan tidak hanya memuaskan keinginan pribadi tapi juga bisa ikut berpartisipasi dalam mengharumkan nama bangsa Indonesia.

“Kalau para mereka itu berprestasi pasti banyak sponsor terutama produsen sepeda motor yang akan menggunakan jasanya sebagai pembalap. Selain mendapatkan uang yang lebih besar, jaminan lainnya juga akan didapat, tidak seperti balapan liar,” ucapnya.

Simak Juga:

Tips Berkendara Motor Jarak Jauh
Penyebab Sepeda Motor Susah Dihidupkan

Demikian Informasi yang bisa saya sampaikan sebarkanlah agar bisa menjadikan manfaat.

BACA JUGA :  Penyebab Garansi Sepeda Motor Hangus