Cara melepas aki Mobil atau baterai dengan baik dan benar

Cara melepas aki Mobil – Bila mendengar kata tersebut pasti terdengar sangat sepele dan kayaknya mudah untuk dilakukan di rumah. Walaupun terlihat sepele tetapi bila tidak dilakukan dengan cara yang beenar maka bisa saja terjadi kerusakan yang menjalar pada komponen kelistrikan lainnya.

Memanglah sangat mudah melepas aki Mobil, akan tetapi juga perlu tips yang benar dalam melakukannya supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti rusaknya komponen lain yang mengarah ke sistem kelistrikan. Oleh sebab itu admin akan memberikan tips untuk melepas aki Mobil dengan benar dan tentunya mudah.

Cara melepas aki Mobil

Cara melepas aki Mobil atau baterai dengan baik dan benar

1. sebelum melakukan eksekusi halpertama yang harus diperhatikan adalah posisi kontak. Adapun posisi kontak tersebut harus dalam keadaan “OFF”, karena apabila masih dalam keadaan “ON” maka sewaktu-waktu bisa menimbulkan percika bunga api pada sambungan antara kabel dengan aki.

2. Lepaskan terlebih dahulu penahan aki dengan melepas bautnya.

3. Agar lebih safety maka dalam pelepasan kabelnya pun diusahakan kabel (-) terlebih dahulu. Setelah kabel (-) benar benar terlepas barulah melepas kabel (+). Hal ini bertujuan agar tidak terjadi percikan listrik. Begitu juga dalam pemasanganya usahakan kabel (+) terlebih dahulu baru kabel (-). Selain itu juga untuk mencegah terjadinya konsleting. Sebuah kunci biasanya bersifat konduktor, jadi jika kita melepas kabel positif terlebih dahulu ada kemungkinan kunci tersebut akan menyentuh body (-). Karena kunci tersebut bersifat penghantar listrik maka akan terjadi hubungan singkat atau konsleting.

4. Ketika ingin mengganti aki dengan yang baru, sebaiknya perhatikan kapasitas dan ukurannya. Ukurannya harus sama dengan sebelumnya supaya tidak mengganggu sistem kelistrikan lainnya terutama Mobil yang sudah menggunakansistem kontrol elektronik. Apabila dipaksakan dengan kapasitas aki yang berbeda maka bisa menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikanya.

5. Diantara beberapa tipe Mobil, terutama yang telah menggunakan sistem kontrol kelistrikan harus mereset ECU pada saat melepas aki. Apabila tidak dilkukan maka bisa terjadi komponen akan ngaco, hal tersebut ditandai dengan adanya indikator lampu yang menyala.

Cara melepas aki Mobil atau baterai dengan baik dan benar

Itulah tips tentang melepas aki mobil yang baik dan benar, semoga dapat membantu ketika Anda ingi melepas accu mobil di rumah, terima kasih.

Simak juga:

Stabilkan Pengisian Supaya AKI Awet
Cara Merawat Aki Basah Dengan Mudah Supaya Awet
Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan Mudah