Cara Melepas Aki Mobil yang Benar

Pada saat melihat judul ini, pastinya banyak yang meremhkan dan bilang mudah atau hal yang sepele. Karena taak perlu repot pergi ke bengkel dan dilakukan di rumah. Akan tetapi walaupun terbilang mudah dan sepele, kalau tidak dilakukan dengan benar dapat menimbulkan kerusakan komponen kelistrikan lainnya. Oleh sebab itu perlu melakukannya dengan baik.

Melepas aki Mobil atau batterai dengan benar memang harus dilakukan, supaya komponen yang lain tidak terkena dampak dari kesalahan melepas yang salah. Oleh sebab itu, berikut ini admin akan memberkan sedikit tips tentang cara melepas aki Mobil yang baik. Mari kita simak:

Cara Melepas Aki Mobil yang Benar

Baca juga:

 

Cara Melepas Aki Mobil

1. Cek dan pastikan posisi kontak dalam keadaan OFF, karena apabila masih ON akan menimbulkan percikan api saat melepas Aki Mobil.

2. Lepaskan penahan aki dengan melepas bautnya.

3. Agar lebih safety maka dalam pelepasan kabelnya pun diusahakan kabel (-) terlebih dahulu. Setelah kabel (-) benar benar terlepas barulah melepas kabel (+). Hal ini bertujuan agar tidak terjadi percikan listrik.
Begitu juga dalam pemasanganya usahakan kabel (+) terlebih dahulu baru kabel (-). Selain itu juga untuk mencegah terjadinya konsleting. Sebuah kunci biasanya bersifat konduktor, jadi jika kita melepas kabel positif terlebih dahulu ada kemungkinan kunci tersebut akan menyentuh body (-). Karena kunci tersebut bersifat penghantar listrik maka akan terjadi hubungan singkat atau konsleting.

4. Sebelum mengganti yang bari, pastikanlah ukuran dan kapasitas aki baru sama dengan yang lama. Apabila ukurannya berbeda maka bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen yang menggunakan sistem kelistrikan terutama Mobil yang sudah mengandalkan sistem control elektronik.

5. Untuk Mobil yang telaqah mengandalkan sistem control elektronik. Pada saat melepas aki/accu Mobil diharuskan untuk mereset ECU, karena apabila tidak dilkukan maka beberapa komponen kerjanya akan ngaco dengan ditandai indikator lampu yang menyala.

Demikianlah informasi tentang Cara melepas aki mobil yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.