Cara Membersihkan Injektor Motor Injeksi Dengan Mudah

Pada sepeda Motor Injeksi terdapat komponen yang mempunyai fungsi sangat vital yakni Injektor. Fungsi dari komponen tersebut adalah mengabutkan bahan bakar yang akan menuju ruang pembakaran(Sebagai pengganti karburator). Apabila Injektor terganggu atau terkena masalah maka akan mengakibatkan mengganggu kinerja yang dapat berpengaruh pada performa mesin. Gangguan yang sering terjadi biasanya seperti tersendat, tarikan kurang dan yang lebih parah sepeda Motor tidak bisa hidup. Oleh sebab itu jangan lupa untuk melakukan service secara berkala di bengkel resmi, atau kalau ingin membersihkan injector Motor injeksi sendiri sebenarnya mudah dan bisa dilakukan dirumah. Berikut caranya:

Cara Membersihkan Injektor Motor Dengan Mudah

Cara Membersihkan Injektor Motor Dengan Mudah

Dengan Carbon Cleaner

Untuk cara yang terbilang cukup praktis adalah dengan menggunakan Carbon Cleaner seperti misalkan Yamalube Carbon Cleaner. Untuk caranya sangat mudah sekali, yakni hanya dengan mencampurkannya ke dalam tangki bensin sehingga kotoran yang ada pada injector mesin akan terkikis dengan sendirinya. Nah untuk cara lengkapnya untuk menggunakan cairan tersebut yakni dengan mencampurkannya pada saat tangki sudah berisi 3,5 sampai 5 liter dan dilakukan tiap 3000 km sekali.

 cara membersihkan injektor motor injeksi dengan mudah

Dengan “Infus”

Untuk cara yang ini biasanya banyak ditawarkan di bengkel resmi. Untuk proses pembersihannya dilakukan dengan cara menjadikan cairan carbon cleaner sebagai bahan bakar kemudian di injek menggunakan alat yang khusus seperti infuse. Pada saat melakukannya maka selang bensin dilepas kemudian disambungkan dengan tabung yang telah terisi carbon cleaner. Setelah itu diberikan dorongan udara supaya cairan dalam tabung dapat masuk ke ruang bahan bakar dan melakukan tugasnya, mesin dalam keadaan hidup dan di gas. Cara ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit saja sampai cairan dalam tabung habis dan akan mati sendiri. Untuk metode tersebut disarankan dilakukan setiap 10.000 km.

Dengan Injector Clener

Sedangkan Cara Membersihkan Injektor Motor yang terakhir ini memang cukup ribet dan hanya bisa dilakukan di bengkel. Hal ini lantaran injektor harus dicopot dan kemudian dimasukan dalam sebuah alat bernama injector cleacer &tester. Setelah dimasukan dalam alat tersebut, maka akan diketahui berapa debit atau tekanan injektor tersebut. Jika kurang dari standar maka kemungkinan bisa disebabkan injektor kotor. Jika kotor maka selanjutnya injektor akan direndam dengan cairan khusus dan diberi getaran ultrasonic untuk merontokan kotoran didalamnya. Cara ini merupakan cara yang paling maksimal dan powerfull. Baca juga Ketahui Ciri-ciri AC Mobil yang Mengalami Kerusakan

Demikianlah informasi tentang cara membersihkan injektor motor injeksi dengan mudah, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.