Cara mengecek CDI motor yang mengalami kerusakan

CDI merupakan singkatan dari Capasitor Discharge Ignitition, komponen ini adalah salah satu yang paling penting dan memiliki fungsi sebagai pengatur pegapian yang terjadi pada kendaraan bermotor. Sesuai dari namanya bahwa CDI bekerja dengan menyimpan arus listrik yang dihasilakan generator (spull), setelah tersalur maka arus listrik disalurkan ke coil oleh CDI setelah mendapatkan sinyal dari pulser. Apabila sepeda mtor Anda macet secara tiba-tiba dalam keadaan mesin panas atau terasa brebet pada saat dilakukan pengegasan atau jalan, maka perlu diwaspadai. Karena bisa saja CDI Motor Anda bermasalah. Oleh sebab itu, sangatlah perlu untuk melakukan pengecekan apakah terjadi masalah pada CDI atau tidak.

Cara mengecek CDI motor yang mengalami kerusakan

Cara mengecek kerusakan pada CDI Motor

Pengecekan pada CDI Motor bisa dilakukan dengan alat seperti multimeter. Coba cek apakah ada arus listrik yang mengalir menuju coil atau tidak saat Motor distarter. Caranya dengan menghubungkan probe merah multimeter ke kabel CDI yang menuju coil dan menghubungkan probe hitam multimeter ke massa.

Cara mengecek kerusakan pada CDI Motor
Multimeter

Namun sebelum itu pastikanlah dulu bahwa selektor multimeter menunjuk ke DC 250 volt. Kemudian lihatlah apakah jarum pada multimeter bergerak atau tidak. Jika jarum multimeter tidak bergerak maka kemungkinan besar CDI motor anda bermasalah atau rusak dengan catatan pulser dan generator bekerja dengan baik.

Pengecekan pulser atau generator juga bisa dilakukan dengan multimeter, caranya juga sama yakni dengan menghubungkan probe merah ke bagian kabel pulser dan probe hitam menuju massa. Untuk multimeternya diubah selektornya ke 1 volt, karena pulser hanya mempunyai outpute o,7 v.

Bagaimana? Mudah bukan cara untuk mengecek CDI Motor yang mengalami kerusakan. Untuk multimeter Anda bisa membelinya di toko bangunan atau toko alat bengkel terdekat. Silahkan mencoba!

Simak juga:

Cara Mudah Mengatasi Pedal Gas Tidak Responsif pada Mobil TBW
Cara Mudah Merawat Ban Motor dan Mobil
Tips Membuat Kunci Pengaman Tambahan Pada Sepeda Motor