Cara merawat kendaraan setelah terkena abu vulkanik

Cara merawat kendaraan setelah terkena abu vulkanik – Letusan gunung yang aktif akan menyebabkan kawasan di dekatnya terkena dampak abu vulkanik. Tersebarnya abu vulkanik sangatlah berbahaya jika sampai terhirup.

Abu vulkanik juga bisa menyebabkan tertutupnya suatu kendaraan baik Mobil ataupun Motor, abu yang dihasilkan tersebut cepat menempel sehingga menjadikan kendaraan diselimuti abu tebal hingga tidak terlihat bentuknya. Lantas apa yang harus dilakuka pada saat Motor  atau Mobil tertutup abu vulkanik?

Abu vulkanik mengandung silica yang dapat menyebabkan bodi kendaraan menjadi tergores. Debu vulkanik yang beterbangan dan menyebar mempunyai partikel yang sangat kecil sehingga sangat mudah masuk ke dalam mesin melalui saringan atau filter udara.

Filter udara pada kendaraan bisa diibaratkan seperti hidung manusia, jadi supaya mesin terhindar dari debu vulkanik maka bersihkan dahulu filter udaranya dari abu vulkanik yang telah masuk. Untuk membukanya jangan terburu-buru, karena sebaiknya untuk mencucinya terlebih dahulu sebagai langkah antisipasi agar debu pada bodi dan komponen lain tidak masuk ke dalam mesin.

Untuk pencuciannya harus dilakukan dengan benar, karena debu dari letusan gunung tersebut mengandung silica yang bisa menggores bodi dengan mudah. Adapun cara mencuci Motor dan Mobil yang terkena abu vulkanik dilakukan dengan clangkah berikut:

  • Siram kendaraan dengan air sabun.
  • Setelah dipastikan telah bersih dan gak ada lagi abu vulkanik yang menempel, barulah melakukan pencucian seperti biasanya.
  • Dengan demikian body kendaraan tidak akan tergores akibat abu vulkanik.

Itulah tips perawatan kendaraan yang terkena dampak abu vulkanik dengan benar dan aman. Yang intinya adalah membersihkan filter setelah dilakukan pencucian pada bodi dan komponen lainnya. Baca juga Jenis Ban yang Cocok Pada Musim Hujan  dan Tips Mengganti kampas Rem Cakram pada Motor