Jenis Ban yang Cocok Pada Musim Hujan

Jenis ban yang pas pada musim hujan – Pada saat musim penghujan pastinya jalanan akan menjadi licin akibat terdapatnya air pada jalan tersebut. Diharapkan untuk para pengendara melakukan perjalanan dengan hati-hati demi keselamatan. Selain hal tersebut juga diperlukan penggunaan ban yang tidak mudah terpeleset dalam kondisi jalanan yang licin.

Jadi, pemilihan ban yang tepat baik pada Mobil atau Motor sangatlah disarankan supaya ban bisa mencengkram kuat dan tidak mudah terpeleset. Lalu seperti apa jenis ban yang cocok pada musim hujan?

Jenis Ban yang Cocok Pada Musim Hujan

Tipe atau jenis ban yang cocok untuk melintasi jalanan pada musim hujan

Tipe Kembangan Sejajar

Pemilihan kembangan atau batikan pada ban merupakan salah satu faktor yang menjadikan ban tidak mudah terpeleset. Jadi untuk medelnya pilihlah kembangan dengan satu arah, karena model ini dapat memecah genangan air yang terdapat di jalanan terutama musim penghujan. Tetapi juga perlu diperhatikan, bahwa hal tersebut harus selaras dengan tekanan ban.

Ban dengan komponen medium

Di Indonesia, ban yang beredar mengusung 3 kompon ban yakni soft kompon, medium kompon dan hard kompon. Nah untuk musim hujan disarankan menggunakan model medium kompon. Karena dengan model tersebut maka ban akan lebih menggigit aspal terutama ketika musim hujan.

Ban yang berstandar internasional

Ban dengan standar internasional akan lebih aman saat digunakan pada saat berkendara. Karena ban yang sudah masuk dalam standar internasional tentunya telah dilakukan pengujian yang panjang. Terdapat berbagai macam standar yang ada didunia seperti DOT untuk Amerika, atau ECE untuk Eropa, GULF untuk timur tengah dll.

Perhatikanlah 3 hal tersebut pada saat memilih ban pada saat musim hujan, karena dengan memperhatikan hal tersebut diharapkan dapat mengurangi dan meminimalisir terjadinya tingkat kecelakaan yang diakibatkan terpeleset disebabkan keadaan yang licin karena hujan.

Simak juga:

Tips Mengganti kampas Rem Cakram pada Motor
Cara Membuat Ban Anti Bocor dengan Mudah
Tips Membuat Sepeda Motor Hemat BBM dengan Memaksimalkan pengapian