Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Bunyi saat pedal diinjak

Cara mengatasi rem bunyi – Pastinya pernah mengalami atau mendengar rem bunyi saat diinjak. Adapun suara berdesit tersebut berasal dari roda, mungkin dirasa menjengkelkan karena cukup mengganggu baik bagi pengendara ataupun pengendara lainnya. Apabila dibiarkan saja maka bisa menyebabkan komponen lain kena dampaknya akibat dari rem berdecit. Lantas bagaimana mengatasinya dan apa penyebabnya?

Adanya rem berbunyi atau berdecit saat pedal rem diinjak  berasal dari beberapa faktor. Oleh sebab itu untuk mengatasinya sebaiknya perhatikan dahulu penyebab bunyi berdecit yang berasal dari rem tersebut.

Cara mengatasi rem bunyi

Penyebab dan cara mengatasi rem berdecit saat diinjak

Kampas Rem yang sudah aus atau habis

Apabila kampas rem telah habis masa pakai atau aus, akan tetapi masih tetap digunakan maka bisa saja akan menimbulkan bunyi. Bunyi berdecit tersebut berasal dari pergesekan antara disc brake atau piringan dengan logam yang terdapat pada kampas. Apabila tidak dilakukan pergantian, maka bisa menyebabkan disc brake menjadi aus.

Masuknya benda asing pada kampas rem

Penyebab lain dari timbulnya bunyi dari rem adalah adanya benda yang masuk atau kotoran yang menumpul pada kampas rem. Ketika musim hujan, hal tersebut sering terjadi. Cipratan air yang bercampur kotoran atau debu dapat masuk ke komponen rem sehingga dapat menimbulkan bunyi yang mengganggu pendengaran. Nah untuk cara membersihkannya adalah dengan melepas kampas rem ding bersihkan dengan menggunakan amplas tapi jangan terlalu lama, cukup untuk menghilangkan kotorannya saja. Selain itu juga disemprot dengan compressor atau udara bertekanan.

Disc Brake atau Piringan yang tidak rata

Pemakaian yang cukup lama bisa menjadi salah satu penyebab ausnya disc brake atau piringan. Keausan inilah yang menyebabkan permukaan disc brake tidak rata apalagi jika kondisi laher sudah jelek. Jika permukaan disc brake pada kendaraan anda sudah tidak rata maka besar kemungkinan akan timbul suara atau bunyi. Nah cara mengatasinya bisa dilakukan dengan melakukan pembubutan pada permukaan disc brake. Namun jika disc brake sudah terlalu tipis sebaiknya dilakukan penggantian.

Penyebab dan cara mengatasi rem berdecit saat diinjak

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi rem berdecit. Anda bisa melakukan tips diatas di rumah, akan tetapi jika masih ragu sebaiknya dibawa ke bengkel terdekat. Baca juga: Penyebab Motor Matic tiba-tiba Mati