Penyebab Honda Vario Bergetar saat Dihidupkan

Penyebab Honda Vario Yang Bergetar – Honda vario merupakan skuter buatan dari Honda yang menggunakan transmisi otomatis. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 untuk mengantisipasi semakin popularnya skuter otomatis di pasar sepeda Motor Indonesia. Honda vario dihadirkan dalam beberapa varian yakni Vario, Vario Techno (CBS dan non-CBS), Vario Techno 125 PGM-FI (ISS dan non-ISS), dan Vario FI.

Kali ini admin akan memebrikan informasi tentang apa penyebab Honda vario yang bergetar?
Mungkin bagi beberapa orang pernah mengalami hal tersebut, yang dimana pada saat mesin dihidupkan maka terjadilah getaran yang tidak normal. Apabila hal tersebut terjadi tentu ada hal yang perlu diwaspadai karena ada masalah yang terjadi pada Motor vario kesayangan Anda. Lalu darimana asal getaran tersebut?

Penyebab Honda Vario Bergetar saat Dihidupkan

erjadinya getaran pada Honda vario biasa terjadi akibat v belt dan roller yang telah melewati batas usia pakai atau rusak. Akan tetapi sering terjadi walaupun telah dilakukan pergantian, tapi masuh ada getaran yang muncul pada vario. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tenang, silahkan simak tips berikut ini untuk mengetahui penyebab dan sumber terjadinya getaran pada Honda vario.
Simak juga: Cara Membuat Ban Anti Bocor dengan Mudah

Penyebab Honda Vario Bergetar Saat Berjalan


Driven Pulley

Getaran yang cukup tinggi juga bisa menjadi indikasi bahwa Driven Pulley sudah aus. Cek terlebih dahulu, jika memang sudah tidak layak pakai segera ganti.

Bosc pada crank case atau poros engkol

Jika bosc tersebut sudah aus maka putaran poros engkol tidak stabil (oblak), inilah yang menyebabkan getaran pada vario ketika berjalan.

Pegas CVT
Pegas CVT yang sudah melar bisa mengakibatkan getaran yang tidak normal serta mengurangi tenaga yang dihasilkan. Jadi solusinya adalah mengganti pegas yang sudah melar tersebut dengan pegas yang baru.

Oil Seal Pada Driven Pulley
Jika pada drive belt terdapat oli, maka bisa disebabkan oleh oil seal pada driven pulley yang sudah bocor. Bocornya oli ini akan mengganngu kinerja drive belt sehingga menimbulkan getaran. Baca juga: Sepeda Motor Irit BBM dengan Stabilkan Kecepatan

Itulah beberapa penyebab terjadinya getaran yang tidak normal pada Honda vario, apabila mengalami masalah tersebut maka segeralah memeriksakannya ke bengkel kepercayaan Anda.