Penyebab Lampu Sepeda Motor Mati pada Putaran Tinggi dan Cara Mengatasinya

Lampu Motor merupakan komponen yang penting baik di malam hari ataupun siang hari. Kok bisa gan? Mungkin kalau malam dibutuhkan wajar, tetapi kalau siang juga dibutuhkan untuk mentaati peratuiran yang dikeluarkan kepolisian. Peraturan tersebut memang sudah diterapkan yang dimana harus menyalakan lampu baik di siang hari. Alasannya sih kurang tahu, tapi kita sebagai orang yang tertib lalu lintas yang harus mematuhinya kalau tidak pasti kena tilang. Kembali kepembahasan, mungkin beberapa orang pernah mengalami hal tersebut, yang dimana pada saat putaran tinggi lampu depan Motor tiba-tiba mati.

Penyebab Lampu Sepeda Motor Mati pada Putaran Tinggi

Pada Motor bebek umumnya menggunakan rangkaian full wave yang dimana arus listriknya bersumber dari generator bukan aki atau baterai. Generator sendiri kerjanya berdasarkan putaran, sehingga pada saat putaran tinggi tentunya arus listrik akan bertambah juga. Pada komponen kelistrikan sepeda Motor tidak akan lebih dari 13 volt. Oleh sebab itu tegangan yang dihasilkan oleh generator, komponen yang mempunyai fungsi sebagai pembatas tegangan tersebut disebut regulator rectifier.

cara mengatasi Lampu Sepeda Motor Mati pada Putaran Tinggi

Lampu Sepeda Motor Mati Pada Putaran Tinggi? Cek Komponen ini

cek kiprok saat lampu mati pada putaran tinggi

Regulator rectifier atau biasa dikenal dengan kiprok mempunyai fungsi sebagai pengatur/ meregulasi tegangan yang dihasilkan komponen generator supaya daya listrik yang dikeluarkan tidak melebihi 13 volt. Jadi, jika lampu Motor Anda mati saat putaran tinggi maka penyebabnya adalah tegangan listrik yang dikeluarkan terlalu tinggi. Dan hal tersebut bisa terjadi karena kiprok bermasalah atau rusak.

Untuk memastikan apakah kiprok rusak atau tidak bisa dilakukan dengan multimeter. Caranya adalah dengan mengatur selector pada DC 50 volt, setelah itu hubungkan probe merah (+) multimeter ke kabel yang menuju ke lampu (biasanya berwarna kuning) dan probe hitam (-) ke massa / body. Hidupkan mesin dan putar perlahan-lahan handle gas, lihatlah jarum pada multimeter apakah menunjukan lebih 13 volt atau tidak. Jika jarum multimeter menunjukan lebih dari 13 volt maka dapat dipastikan kiprok anda soak atau rusak.

Jadi kiprok juga merupakan salah satu komponen kelistrikan yang mempunyai peranan sangat penting pada kendaraan bermotor. Jika menjumpai kerusakan pada kiprok maka segeralah menggantinya, supaya kerusakan tidak mengenai komponen lain akibat tingginya tegangan listrik yang dikeluarkan. Gejala yang sering terjadi biasanya lampu mati saat putaran tinggi.

Baca juga: