Apakah OKTAN Bensin Itu ?

Apakah OKTAN Bensin Itu ?...

Apakah OKTAN Bensin Itu ?

Sering kita mendengar orang – orang membicarakan tentang oktan bensin, oktan booster, oktan aditif dll. Apa sih oktan itu sebenarnya?.

Oktan adalah angka yang menyatakan kandungan molekul iso-oktan yang terdapat pada bahan bakar kendaraan. Iso-oktan bersifat tahan terhadap kompresi. Semakin tinggi nilai oktan semakin baik mutunya. Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai kompresi pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api.

Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala lebih dulu daripada busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/knocking). Perlahan namun pasti.. membuat piston menjadi bolong.

Untuk Menghindari itu semua pilihlah bahan bakar yang sesuai dengan kompresi motor anda :

*Premium angka oktannya 88 untuk motor berkompresi antara 7:1 – 9:1

*Pertamax angka oktannya 92 untuk motor berkompresi antara 9:1 – 10:1

*Pertamax Plus angka oktannya 95 untuk motor berkompresi antara 10:1 – 11:1

Kebanyakan motor saat ini berkompresi di atas 9:1, tetapi masih bisa di toleransi oleh pihak pabrikan untuk menggunakan Premium.
http://bengkeluhuy.blogspot.com/
Siapakah yang mengeluarkan angka oktan?

Penentu angka oktan adalah 2 lembaga di Amerika bernama Research Octane Number ( RON ) dan Motor Octane Number ( MON ). Mengujian RON menggunakan mesin pada putaran 600 rpm dan suhu udara luar 125 derajat F (51,6 derjat C) sedangkan MON melakukan pada putaran mesin 900 rpm pada suhu 100 derajat F (37,8 derajat C). Dan untuk pertamax Plus, juga telah memenuhi standar performance “World Wide Fuel Charter (WWFC)

Apa yang dimaksud Oktan booster atau Oktan aditif itu?

Oktan boster atau Aditif oktan adalah aditif yang di campurkan ke bensin untuk untuk menaikkan oktan bensin itu sendiri. Dahulu kita mengenal TEL (Tetra Ethyl Lead) untuk menaikkan oktan bensin, karena TEL atau timbal atau sering juga di sebut timah hitam mengandung racun yang membahayakan bagi manusia terutama dapat menurunkan IQ anak – anak sampai 4 poin, oleh sebab itu TEL di gantikan dengan aditif lain yang lebih ramah lingkungan dan hebatnya lagi aditif yang di gunakan oleh pertamax dan pertamax plus juga bersifat deterjen, yang dapat membersihkan ruang bakar, katup, karburator, injeksi bahan bakar, dan dapat melarutkan kandungan air pada tangki kendaraan, sehingga tangki bebas dari korosi.

Demikian Bengkel Informasi Buat Bikers Newbie Tentang Pengertian OKTAN Bensin ? Silahkan Kunjungi Artikel Tentang Cara Mencampurkan Bensin dengan ETANOL, Semoga Bermanfaat ...

Kunjungi terus Website BengkelUhuy.Com Agar Anda Menjadi "UHUY" Khususnya Di Dunia Otomotif !!

Bengkel Uhuy 1/30/2013 09:10:00 AM